Catatan Akhir April

Hei, teman-teman apa kabar?

Sudah aku bilang, kayaknya aku bakal ngepost blog nggak sering-sering.  Karena sekarang aku lumayan sibuk.  Buka laptop emang selalu buat kerja.  Nggak terasa ini sudah bulan April.  Di bulan ini usiaku bertambah jadi 23!

Hmm... kok bahasaku kaku banget ya?  Mungkin karena ngerjain terjemahan.

Ya sebenernya ini adalah bulan yang aneh untukku.  Aku menghabiskan setengah bulan kembali ke Palembang, karena sekarang aku freelance.  Tapi, akhirnya terus kembali lagi di Jakarta.  

Apa ya kalo dipikir bulan ini, adalah dimana aku selalu mikir, bulan yang bikin aku lengah, banyak pikiran, kalut... nggak enak deh pokoknya.  Soalnya transisi dari kerja kantoran sama kerja freelance itu sulit banget.  Kita harus disiplin tinggi.  Enaknya sih, ya bisa istirahat kapan aja dan lebih bebas. Tapi masalah disiplin itu, loh.  Wah, aku aja yang ngerasa diriku ini cukup disiplin aja udah kewalahan dikasih tugas seabrek... itu pusing banget.  Rasanya udah mau nyerah, kepingin pulang aja.  Sedih karena apa yang aku bayangkan sebagai freelancer, beda banget sama yang dijalanin.

Tapi, aku kembali ke Jakarta untuk malam puisi yang aku bikin bersama Mbak Putri dan Pangeran (Siahaan).  Ide ini sudah ada semenjak Maret.  Tiga hari setelah aku resign, aku duduk sama Mbak Putri merencanakan malam puisi, "Unmasked".

Aku dari dulu emang kepingin bikin malam puisi, khusus spoken-word, seperti yang aku sering datangi di Kuala Lumpur.  Rasanya, di Jakarta belum sering.  Dulu sewaktu Mbak Okka masih di Jakarta, acara malam puisi seperti ini sering digelar.  Memang ajaib, kita tanya orang sana sini, alhamdulillah banyak temen yang mau membantu dengan sukarela.  Jamal, salah satu mentor puisiku dari Kuala Lumpur rela terbang ke Jakarta untuk tampil di Unmasked.  Dan Anton dari Treehouse mau membantu untuk menyediakan venue.

Aku ingat banget whatsapp Mbak Putri yang bunyinya, "Okay, it is happening.  We are doing this.  Can't you imagine how lucky we are to receive this support?!"

Detik-detik menjelang Unmasked, dan hari-hari menjelang... acara tersebut, aku kewalahan bukan main.  Belum nyiapin puisi dan kerjaan makin banyak dan belum lagi mikirin Jamal yang jauh jauh terbang ke Jakarta... aduuuh.... 

Pikiran runyam, macet gara-gara KAA.  Wah nggak bisa dijelasin pusingnya! Mana lagi, sempet drama juga karena udah 23 dan aku memulai sesuatu yang asing.  Tengok kanan, temen-temen udah pada nikah.  Tengok kiri, ada yang ambil Masters.  Di depan, ada teman-temanku yang mulai karir diperusahaan bagus. Aku mulai takut, kalau yang aku ketinggalan.  

Oke, mungkin itu namanya depresi kalo mengulang-ulang sebuah pikiran dan merasakan ketakutan yang luar biasa di dalam kepala.  Tapi, aku sadar, cuma niat dan kemauan yang bikin kita terbebas dari kungkungan penjara yang kita buat di dalam kepala kita.

Saya belajar ini dari seorang teman, namanya Fina, dia datang 2 jam sebelum Unmasked mulai. Sambil beres-beres dan menemani latihan puisi aku sempat curhat.  Karena, kayaknya kalo ketemu orang belakangan ini nggak bisa kalo nggak curcol.  Maklum, freelancer, kerja sendirian.  Kehidupan sosialnya itu hampa juga. Haha.

Akhirnya ia memberikan saran buat olahraga pagi... karena dapat membantu mengeluarkan hormon tubuh untuk melawan stress.  Benar juga, dulu sewaktu aku rajin ngegym, emang itu membantu melawan stress.  

Jadi, pada hari Senin, aku sengajakan keluar pagi jam 5.30 dan lari ke gor sumantri di depan rumah.
Sudah 3 hari, badan sakit-sakit sih... tapi bener.  Biasanya kalo satu hari aku cuma bisa bikin 2 video translation kali ini bisa bikin.... 4!  Gila!  Ajaib, kayaknya emang yang bikin semangat itu bukan obat-obatan... suplemen... tapi ya dari diri kita.  :)

Anyway, Unmasked sukses... parah, pecah... endeussss....


Ketemu penyair yang keren-keren... dan teman baru.  Yang bikin terharu adalah banyaknya temen-temenku yang datang.  Ada temen SD yang jauh dari tangerang datang buat Unmasked.  Ada temen yang ngojek dari Kebon Jeruk.  Ada temen kuliah... Nara dan Fina yang akhirnya tampil maju buat open mic, dan mereka keren banget!  Ada temen kerja di agency dulu... aduh terharu banget. Keluarga juga datang.  Dan Jamal yang jauh-jauh datang dari KL kesini... 

Emang sih, aku ini jomblo, belum ada pacar, cuma kalo ada orang orang yang peduli kepada kamu... itu namanya cinta bukan?

Love,
Ayu


Comments

Popular Posts